Monday 22 September 2008

Siklus 2 - 1 -2.. apa bener?

Waktu beberapa hari lalu gw melakukan diskusi kecil-kecilan dengan temen gw... Walau otak belom mampu tapi kita coba diskusi sedikit tentang politik.

Teorinya : gak ada satu pun politikus di dunia ini yang membiayai kampanye dirinya sendiri.. mau sekaya apa juga. Apalagi dengan sistem pemilihan langsung seperti sekarang, gak bisa lah rakyat semuanya disogok.. mau nyogok 200 juta orang?? hhehehe,,, kalo jaman dipilih sama DPR sih iya.. tinggal amplopin aja DPRnya.. gampang kan.. paling 500 orang. Karena itu politikus harus dekat dengan donatur tentunya.

Nah yang menjadi permasalahan sekarang,... Indonesia kan politikusnya kebanyakan masih kampungan tuh.. terus pengusahanya nyumbang buat dapet pamrih nantinya. Sedikit yang nyumbang karena merasa suka atau sepaham atau mempunyai harapan besar terhadap si calon pemimpin tersebut.

Karena hal tersebut temen gw bilang di dunia politik Indonesia itu ada siklus 2-1-2.. Apaan sih siklus 2-1-2? Siklus 2-1-2 adalah siklus saat seseorang terpilih menjadi pemimpin yaitu 2 tahun bayar "jasa donatur 1 tahun mikirin rakyat 2 tahun berikutnya sibuk kasak-kusuk nyari dana lagi buat nyalonin diri lagi... nah jadi rakyat cuman dapet jatah 1 tahun dong?

Nah itu pembicaraan gw dengan temen gw... kalo menurut loe.. bener ga sih siklus 2-1-2?

1 comment:

Anonymous said...

Meneketehe!!hehe
yang pasti 212 itu
identik dengan pahlawan
wiro sableng namanye
tapi klo silus 2-1-2
hhhmmm..menurut anda gmn?!