Thursday 24 July 2008

Blogger ditangkap di China



Berita yang gw dapet dari DETIK.COM.. wah ternyata walaupun di China perekonomian maju pesat, tapi kebebasan menyuarkan pendapat dan pemikiran tetap tidak sebebas di Indonesia... Indonesia sih bebas banget.. kadang kebablasan. hehehehe

Beijing - Dengan dalih menjaga suasana kondusif jelang Olimpiade Beijing, pemerintah China menangkap orang yang berani bersuara lantang di internet untuk mengkritik otoritas.

Seperti halnya Du Daobin, blogger China usia 43 tahun yang kini harus mendekam di bui. Dia sebelumnya telah ditangkap pada tahun 2003 karena mem-posting blog yang mengkritik keras pemerintah China dan menjalani hukuman percobaan.Selama hukuman percobaan, Du dinyatakan meninggalkan rumahnya untuk bepergian tanpa seizin otoritas.
Dia juga dituduh mempublikasikan sedikitnya seratus artikel pada situs-situs luar negeri. Inilah yang membuatnya kembali dijebloskan dalam penjara.

Adapun aktivis internet lainnya, Huang Qi, juga ditahan dengan tuduhan memiliki rahasia pemerintah secara ilegal.
Tampaknya pemerintah ketakutan karena Huang disinyalir akan membongkar sebuah kasus korupsi.

Memang sudah sejak lama China bertindak keras pada mereka yang berani mengkritik pemerintah secara online.

Sudah banyak yang memprotes tindakan tersebut, misalnya saja perusahaan teknologi Amerika Serikat seperti Google, Microsoft, dan tidak ketinggalan pula Yahoo. Demikian seperti dikutip detikINET dari BetaNews, Jumat (25/7/2008).

No comments: